16 April 2013

Water Sponge Cake

Resepnya dapat dari dapurnya Bu Ita-Dapur Khayangan yang sudah dikonversi ke dalam satuan gram. Yang saya coba kali ini dengan resep asli, tanpa menambahi modifikasinya Mbak Ita. Hmm..hm....rasanya kaya bolu kukus deh menurut saya,agak seret dikit tapi tetap enak, apalagi ditemani secangkir teh panas. Asal Akmal doyan, boleh deh besok-besok cobain bikin lagi:)

Water Sponge Cake
Resep: Kamelia/Dapur Aisyah Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan


Bahan I:
200gr gula pasir
1 butir telur
200gr air matang (saya pakai 3 sdm susu bubuk full cream dan air matang sampai 200gr)
1 sdm SP

Bahan II:
160gr terigu
1 sdm (10 gr) tepung maizena ---> tambahan dari mbak Ita
1 sdm (10 gr) susu bubuk ---> tambahan dari mbak Ita
1/4 sdt garam halus ---> tambahan dari mbak Ita
1 sdt vanili bubuk
Aduk semua bahan menjadi satu hingga tercampur rata

Bahan III:
1 sdt pasta pandan (saya pakai pasta melon kesukaan Akmal^^)
1/4 sdt pewarna hijau (saya nggak pakai)

Cara Membuat:
1. Kocok bahan I hingga adonan mengembang putih dan kental dan adonan yang menempel di dinding tidak jatuh-soft peak
2. Tuangkan bahan B secara bertahap, kocok kembali dengan mixer kecetan rendah
3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, sebagian dibiarkan berwarna putih, sebagian beri pasta sesuai selera.Masing-masing aduk rata.
4. Siapkan loyang kotak ukuran 20x20x7 cm, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti dan oles kembali dengan margarin. Tuang adonan berurutan dan acak-acak adonan dengan tusuk gigi untuk membuat motif. Panggang dalam oven bersuhu 170'C kurang lebih 40 menit hingga matang.
5. Potong-potong setelah dingin.

Tips dari Mbak Ita:
1. Dalam mengocok bahan A, kocok dengan mixer kecepatan sedang terlebih dahulu gula, telur dan air setengah bagian (100 ml) hingga gula larut. Baru masukkan SP-nya, kocok kembali dengan mixer berkecepatan agak tinggi. Kemudian masukkan sisa setengah air yang 100 ml, kocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang putih dan kental.
2. Untuk memotong bolunya, sebaiknya sabar menunggu hingga bolu bener-bener dingin. Biasanya kalau masih dalam keadaan panas, terus kita buru-buru memotongnya...maka hasil potongan cake/bolu akan kurang mulus/gradakan atau agak bergerindil. Terus untuk memotongnya pakai pisau yang bergerigi dan panjang, dengan pelan-pelan seperti menggergaji...tidak dengan cara menekan pisau.

No comments:

Post a Comment