19 November 2013

Pastel Goreng Renyah


Alhamdulillah, akhirnya jadi praktek membuat pastel goreng. Seperti yang sudah-sudah, resep yang oke sudah lama bertapa di draft tapi malasnya itu lho yang ampun-ampunan yang akhirnya membuat niatan praktek pastel gorengnya selalu batal terlaksana. Nah kemarin mau nggak mau jadi tertantang untuk jadi bikin pastel goreng gara-garanya mau dipesenin pastel goreng beku (belum digoreng) sama teman kantor si Ayah. Untuk memastikan pastel goreng pesanannya layak jual, akhirnya praktek dulu nyobain resep itu. Resep yang saya pakai ini hasil intip dapurnya mbak Rachmah S. Alhamdulillah langsung cocok dengan tekstur kulit pastelnya, tebal tapi tetap renyah. Kalau untuk isiannya pakai saya pakair resep asal cemplung ala saya, pokoknya tetap uenaakk..:D Ternyata bikin pastel goreng itu memang urusan pilin memilin pinggiran pastelnya yang sering bikin "mengkeret" untuk mencoba. Sekali dua kali masih belum cantik, tapi berikutnya alhamdulillah sudah berbentuk lumayan cantik meskipun masih belum rapih, tetap saja hati senang memandang pastel perdana saya disukai para pelanggan setia saya, si Ayah dan Akmal:)


PASTEL  GORENG RENYAH  
Sumber resep kulit : Ibu Lucia Bintoro yang ditulis kembali oleh Rachmah S
Bahan kulit
350 gr Tepung protein rendah (saya pakai terigu protein sedang)
sedikit garam
80 gr Margarin
100 cc Air, didihkan, biarkan panas
75 cc Minyak Goreng
Cara Membuat Kulit : 
1. Masukkan margarin dlm air panas, aduk2 hingga margarin larut/leleh, beri garam, aduk dan masukkan minyak goreng, aduk rata. Biarkan agak dingin, hangat saja. Barulah masukkan bahan cair ini ke dalam tepung terigu, aduk2 dengan spatula/sendok, tuang bahan cair bertahap sambil diaduk, hentikan bila adonan sudah kalis, tidak lengket ditangan. Diamkan sejenak adonan.
2. Ambil segumpal bagian adonan, gilas TIPIS, bentuk bulat, beri adonan isian, tangkupkan kulitnya, tekan2 bagian pinggiran kulit pastel, pilin2 rapi.
3. Lakukan hingga adonan dan isian habis.
4. Lalu goreng dengan api sedang hingga matang. Angkat pastel tiriskan.
 
Bahan Isi ala saya:
2 butir bawan putih
3 butir bawang merah
lada bubuk
kaldu bubuk
garam
minyak wijen
85gr bihun kering, seduh dengan air panas, tiriskan
1 buah wortel ukuran sedang, rebus hingga matang, potong kotak-kotak kecil
2 buah kentang ukuran sedang, rebus hingga matang, potong kotak-kotak kecil
2-3 tangkai daun seledri, cincang halus
1 telur, goreng orak-arik

Cara membuat isi:
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis dengan minyak wijen
2. Masukkan wortel, kentang, bihun dan telur orak-arik aduk rata
3. Masukkan garam, lada bubuk, kaldu bubuk, aduk rata
4. Masukkan daun seledri cincang, aduk rata semua hingga rata dan rasanya pas, matikan api biarkan dingin sebelum dijadikan isian

Resep diatas menghasilkan 20 buah pastel

1 comment: