16 April 2013

Cilok (aCI di coLOK)


Duluu..... waktu masih kuliah saya doyan banget nyamperin abang-abang cilok di seputaran kanisius-UGM atau utara teknik UGM (masih ada nggak ya mereka..?). Untuk saya itu 2 gerobak cilok yang paling enak dan pas rasa sambelnya diantara para pedagang cilok lainnya. Lha wong dulu juga berhasil menularkan virus cilok ke seantero EQuilibrium (klub pers mahasiswa tempat saya bergabung) dan PPM (tempat saya part-time job di kampus), bahkan dosen-dosen di PPM pun beberapa ketularan cilokisasi..mwehehehee.... Cilok memang TOP! makanan yang notabene nggak banyak gizinya ini (kalau nggak mau dibilang "nggak bergizi") berhasil disukai semua umur.. dari anak-anak eSDe sampai Bapak-bapak beranak juga mau sama ini makanan, kalau Nenek-nenek?hmm..boleh sihh...tapi ati-ati ya sama gigi palsunya..bisa copot makan si bunder kenyal ini..hihihih..
Baiklah..tiba-tiba, di hari gerimis di sebuah kota kecil di Kalimantan selatan, Saya tiba-tiba keingetan cilok, suami juga semangat banget ikut-ikutan pengen cilok. Ya sudah, browsing-browsing sebentar, akhirnya memilih resep cilok dari Dapur Griya Khayangan  Siap ibu-ibu, mari kita pesta cilok bersama..:D

CILOK ISI KEJU
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
400 ml air mendidih/santan encer panas
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang cincang halus
50 gr keju cheddar dipotong dadu kecil
2 buah sosis potong kecil-kecil (saya nggak pake)

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan (pakai 3 cabe merah besar aja, biar akmal bisa ikutan makan^_^)
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring (saya pakai sepotong jeruk nipis)
500 ml air putih
100 gr labu kuning kukus, dihaluskan, ini tambahan dari saya aja biar makin mantap:)
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:
CILOKnya
1. campur menjadi satu tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas sedikit-sedikit kedalamnya. Jangan semua air langsung dituangkan yaa...untuk jumlah air bisa kurang atau lebih tergantung daya serap tepung. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis, jika adonan sudah tidak lengket ditangan juga tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya. Garam bisa diganti 1 sachet kaldu bubuk bila suka dan di larutkan di air mendidih agar lebih merata.
2. Ambil sejumput adonan dan pipihkan, isi dengan keju cheddar atau sosis..bentuk bulat seukuran kelereng. Lakukan hingga adonan habis dipulung bulat, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan. Kalau saya rebusnya sampai cilok mengambang dan setengah matang aja, trus nanti dikukus lagi bareng tahu, pare, dan kentang, jadi deh sekalian bikin siomay..:)
BUMBU SAMBAL KACANGnya: 
1. Tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
2. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam, labu kuning yang sudah dilembutkan dan air jeruk nipis. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
3. Taruh cilok dalam wadah yang bersih, lalu tuangkan sambel kacang..aduk hingga cilok bercampur rata dengan sambel kacang. Tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas manisnya.

No comments:

Post a Comment