25 July 2013

Sop Ayam Kampung ala Pak Min Klaten


Sejak beberapa tahun terakhir ini Sop Ayam Pak Min lebih dikenal di lidah masyarakat secara luas berkat sistem waralaba. Racikan sederhana berbahan dasar ayam kampung dan air berikut bumbu minimalis ini sedap sekali disantap bersama cabai rawit atau sambal,,,huuuhaah..kipas2 mulut deh, kepedesan..hehehehe
Cita rasa sop ayam ini tentu saja mirip-mirip dengan masakan berkuah dengan ayam kampung sebagai bahan utamanya,selalu ada aroma dan rasa khas gurihnya ayam kampung yang minimalis lemaknya. Kalau menurut lidah saya sih dekat-dekat dengan soto semarang dan nasi sop banjar, hanya satu dua bumbu. Langsung saja yuk dicoba..

Sop Ayam Kampung
untuk 3-4 porsi

Bahan:
1/2 ekor ayam kampung atau ayam afkir
2 liter air matang
daun bawang
daun seledri

Bumbu:
5 bawang putih keprek
5 cm kayu manis
3butir cengkeh
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Panaskan air hingga mendidih, masukkan ayam didihkan kembali dengan api sedang
2. Saring kaldunya, daun bawang bagian putihnya, masukkan bawang putih keprek, kayu manis, cengkeh, merica bubuk, dan garam,  didihkan kembali dengan api kecil hingga ayam empuk dan tidak alot (saya selalu memasak minimal 2 jam dengan api keciiill sekali^^)
3. Setelah  ayam matang/empuk, angkat dari kaldu, suwir2/ cacah sesuai selera
4. Di mankuk saji, bubuhi garam secukupnya, beri sedikit vetsin bila suka, masukkan suwiran/cacahan ayam kampung yang sudah direbus sebelumnya. Tambahkan rajangan daun bawang dan seledri, siram dengan kuah kaldu yang masih panas.
5.Sajikan dengan sambal atau ceplusan rawit beserta lauk tambahannya, bisa tempe/tahu goreng, sate telur, dll

Aiihh..jadi lapar lagi deh kepengen mencicipinya lagi. O iya, agar makin sedap dan ngangeni bisa disajikan bersama lauk tambahan seperti "tempe garit" goreng, sate telur puyuh, tahu bacem, tahu goreng, dan kerupuk ya..^^

2 comments:

  1. jadi kangen ama kampung halaman deh... makasih mbakyu

    ReplyDelete
  2. sami-sami mas/pak Stephanus Agung Subiakto, semoga sesuai dengan selera keluarga:)

    ReplyDelete