17 April 2013

American Risoles


Kreasi bu Fatmah Bahalwan-NCC ini sudah jadi menu jualan andalan para bakulers di banyak tempat. Tentusaja dengan modifikasi sesuai selera masing-masing ya.. Meskipun banyak yang bilang menu ini selalu laris, dan memang begitu, tapi yaaa...sayangnya nggak laku di rumah tuh..:p Lha wong yang makan cuma yang bikin,alias saya sendiri, ya jadi nggak seru..hihihi. Makanya, kalau nggak ada orderan amris, saya malas bikin, alamat nggak habis-habis deh. Si ayah seleranya lokal sihh, doyannya yang isi ragout yang makannya harus "nyeplus" cabe rawit...^^. Berikut resepnya Bu Fatmah ya...

American Risoles
Resep: Fatmah Bahalwan

Bahan Kulit:
100gr terigu protein sedang
1sdt garam
3 butir telur (saya pakai 2 butir telur)
250ml susu cair (saya pakai 300ml air matang biasa)
1sdm mentega (saya pakai margarin)
Margarin secukupnya untuk polesan wajan

Bahan Isi:
4 lembar sooked beef, potong kecil-kecil (saya ganti pakai sosis, potong jadi 4, tumis tanpa minyak sebentar)
100 gr keju cheedar parut
4 butir telur rebus, potong masing-masing telur jadi 5 bagian memanjang
1 butir telur untuk melapisi (saya ganti dengan 1 putih telur+air matang 1 sdm)
250 gram tepung roti
1/2 botol mayonaise
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:
1.Buat kulit dadar satu persatu hingga adonan habis (kurang lebih jadi 20 buah dengan wajan teflon 18cm)
2.Tata dalam setiap lembar kulit potongan telur, irisan ham, dan 1 sdm mayonaise, lipat bentuk amplop atau segitiga. Lakukan hal yang sama pada kulit dadar lainnya, hingga habis
3.Lumuri dengan kocokan telur, gulingkan kedalam tepung roti, tata dalam wadah lain yang bersih
4.Simpan dalam kulkas hingga set
5.Goreng dalam minyak panas dengan api cenderung besar, sebentar saja asal kulit sudah berwarna coklat keemasan, angkat, tiriskan.
6.Sajikan dengan saus botolan

No comments:

Post a Comment