16 April 2013

Chiffon Pandan

Ceritanya lagi ketagihan bikin chiffon cake setelah "akhirnya" punya loyang bolong di tengah yang bisa dibalik  untuk bikin cake jenis ini. Bukan loyang chiffon beneran sih, nggak ada kakinya, jadi mesti pake cara lama ibu-ibu kita jaman dulu yaitu di sangga botol..^^
Sukses bikin chiffon ketan hitam, selanjutnya bikin chiffon pandan daaann......tetep nekat bikin full 1 resep meskipun cuma punya 1 loyang doang. Sekali lagi nggak kapok menuangkan 1 resep adonan seluruhnya ke 1 loyang berharap hasilnya tetap cantik kaya chiffon ketan hitam kemarin. Hasilnya...?Silakan lihat sendiri..hihihihi

Chiffon Pandan
Resep: Fatmah Bahalwan-NCC

Adonan Pasta:
50gr gula pasir
20gr susu bubuk full cream
20gr tepung maizena
140gr terigu protein sedang
1 sdt BPDA
100ml minyak sayur
100ml santan sedang (saya dari 65ml santan kara+ 35ml air matang)
140gr kuning telur (saya pakai 8 kuning telur)
1 sdt pasta pandan

Adonan Putih Telur:
300ml putih telur (saya pakai 10 putih telur)
150gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdt cream of tartar (saya nggal pakai)

Cara Membuat:
1. Aduk rata bahan kering adonan pasta, buat lubang di tengah, tuang kuning telur (saya kocok dengan whisk sebentar), aduk searah dengan whisk hingga rata, tuang minyak dan santan, aduk kembali. Terakhir masukkan pasta pandan, aduk lagi hingga seluruhnya tercampur rata dan tidak bergerindil. Sisihkan.
2. Kocok adonan putih telur hingga soft peak, tuang bertahap ke adonan pasta, aduk balik hingga rata. Tuang ke dalam loyang TANPA DI OLES APAPUN dan sudah diberi kertas roti.
Saya pakai loyang ukuran 6 (mungkin maksudnya 6 inchi kali ya..sampai sekarang belum tergerak ngitung pakai penggaris, malesnya minta ampun nih saya...uyel-uyel muka pake lap) dan takaran 1 resep diatas menyisakan 1.5 cm sajaaah....alias kebanyakan. Next dicoba 1/2 resep aja deh, sepertinya pas^^
3. Panggang dalam oven bersuhu 150'C selama kurang lebih 90 menit hingga matang
4. Panas-panas jungkir loyang dan sangga dengan botol, biarkan dingin. Siap dipotong

Hasil nekat nuang 1 resep adonan ke loyang satu-satunya..:p

Lihat deh gaya loyangnya waktu di tunggingin di leher botol

No comments:

Post a Comment