20 April 2013

Akmal's Fire Truck Birthday Cake

Masih dalam rangka ultahnya Akmal yang ke 3, saya janji bikinin anak saya itu kue ulang tahun. Temanya gonta-ganti....dari awalnya minta Thomas Train, sampai akhirnya lebih milih Uncle Sam The Fireman. Tadinya udah diniatin bikin pake marsmallow fondant sambil belajar, trus karena penasaran dengan tekstur fondant yang sudah jadi akhirnya "impor" juga sekalian toolsnya dari Jakarta, eh....tapi malah ujung-ujungnya pake buttercream lagi..buttercream lagi....hahahaha...fondantnya diirit-irit, habis mahal jatohnya setelah kena ongkir :p
Trus pas bikin sponge cake ini kan pakai resep Yongky yang 10 telur hasil ngintip di dapurnya mbak Shirley-paiton, saya ganti lemaknya pakai margarin semua, ealaahhh...ternyata setelah sponge cakenya masuk oven saya baru sadar kalau takaran lemaknya kurang 50gr (tepok jidat), jadi pake harap-harap cemas deh nunggu kuenya mateng. Untungnyasih tetep jadi, tapi nggak bisa lentur-lentur amat kaya yang diceritain mbak Shirley di blog. Satu resep ini (minus 50gr lemak) saya bagi ke dalam 3 loyang brownies, setelah dicarving cuma sisa sedikit alias pass...langsung dihabisin sama si Ayah, laper kayaknya, hihihi
Poles sana-sini, akhirnya jadi juga truk pemadam kebakarannya, tapi kok setelah ditambah wipper di kaca depan, malah jadi mirip filem kartun mobil ya..hahahaha.. Nggak sempat dihalusin lagi detailnya, keburu Akmal udah minta di potong aja itu kuenya. O ya, saya membuat detailnya cuma pakai plastik segitiga, nggak di bikin pakai spuit bintang soalnya pengen tau bisa mirip nggak ya dengan yang pakai fondant. Lumayan lah hasil prakarya saya, paling nggak Akmal bisa mengenali kalau itu truknya Paman Sam, hihihihi. Kalau mau lebih halus tinggal di bekukan dulu cakenya, trus di amplas pelan-pelan pake spatula/kertas roti^^

 

 Sponge Cake Yongky 10 Telur
Resep: Chef Yongky Gunawan via DapurSolia

Bahan I:
10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang 
(saya kurangi terigunya 20 gram, ganti dengan coklat bubuk)
1 sdm Susu bubuk 
(saya pakai susu bubuk coklat nya Akmal^^)
1 sdm Tepung maizena

Bahan II:
50 gram Hollman butter
50 gram Room butter
50 gram Margarin
(Hollman & Room Butter saya ganti margarin semua)
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)

Cara Membuat: 
1. Kocok telur & gula hingga agak kental, masukkan emulsifier,kocokkembali hingga kental & mengembang
2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena sambil diayak, aduk balik hingga rata
3. Cairkan lemak, angkat, tambahkan susu kental manis, aduk
4. Tuang adonan II ke adona I, aduk balik hingga rata
5. Bagi menjadi  3 adonan/ sejumlah layer yang diinginkan. Tambahkan pasta sesuai selera
6. Tuang ke dalam loyang ukuran 22 tinggi 3-4 cm (loyang pendek)
 (saya pakai 3 loyang brownies ukuran30x10 cm)
7. Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi (gunakan tes tusuk gigi)

No comments:

Post a Comment