09 February 2012

Pempek Palembang Lenjer

Pempek palembang...Hmm.siapa sih nggak doyan makanan yang satu ini. Perpaduan rasa gurih ikan dan asam manis yang menyatu sempurna di lidah membuat penikmatnya ketagihan untuk menikmatinya lagi..dan lagi..:) Pempek sesuai namanya memang berasal dari kota Palembang. Bahan baku utamanya ikan belida, akan tetapi karena ikan ini semakin sulit dijumpai (dan bila ada pun harganya muahal), maka ikan belida diganti dengan ikan tengiri atau gabus.

Saya pun salah satu penggemar pempek palembang. Meskipun di kota tempat tinggal saya saat ini, barabai-kalimantan selatan, penjual pempek Cuma ada 1 dan itupun pempek ”ecek-ecek” yang harganya @Rp1000,- dengan rasa yang tidak dijamin bahkan sering lebih mendekati cireng (iya lho..Cuma menang di tekstur yang kenyal doang dengan cuko rasa seadanya..huhuhu..) tetap saja kalau kepepet ngidam pempek akhirnya beli juga disitu. Tapi kali ini, saya ingin memanjakan lidah saya & suami dengan pempek yang ”beneran” sekaligus membayar rasa penasaran saya dengan teknik pembuatan pempek kalpal selam yang kemarin-kemarin selalu amburadul alias tlurnya bocor melulu. Pempek yang ini saya pakai resep hasil googling disini.

Pempek Palembang Lenjer

Bahan 1:
1 kg bersih daging Ikan Tenggiri, haluskan dengan blender (di barabai nggak ada ikan tengiri, jadi saya pakai ikan gabus (disini namanya Haruan)
200 ml air
2 butir telur

Bahan 2:
50 gram Tepung terigu
2 sendok makan garam
2 sendok teh gula pasir
4 siung bawang putih
200 ml air
1 sdt vetsin bila suka

Bahan 3:
800 gram tepung Sagu tani + sedikit tepung Tan Mien (saya pake tepung tapioca merek Tani, kata TBK nya sama aja sama sagu & tepung Tan Mien di skip)

Saus Cuko:
400 gr gula aren
3 sdm kecap manis
5 buah cabai rawit, atau sesuai selera
100 g bawang putih
3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis
2 sdt garam secukupnya
1250 ml air

Cara membuat:

  1. Bahan 1 dicampur dan diaduk-aduk dengan jari tangan sampai tercampur homogen. masukan kulkas, biarkan menjadi mengental.
  2. Bahan 2 dicampur dan didihkan dengan api kecil sambil diaduk terus sampai mengental, dinginkan dan masukan kulkas.
  3. 30 menit kemudian, Campurkan adonan bahan 1 dan bahan 2, aduk dengan jari tangan sampai tercampur rata.
  4. Masukan tepung sagu kedalam campuran adonan Ikan sedikit demi sedikit, sambil diuleni dengan ujung jari tangan.
  5. Adonan masih agak terasa lengket, supaya gampang dibentuk, lumuri tangan dengan sagu, ambil sesendok makan adonan dan bentuk bulat panjang. atau bisa juga dijadikan pempek kapal selam.
  6. Masukan pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih, sampai matang (pempek akan mengapung).

Resep ini menghasilkan 20 pempek lenjeran & 6 pempek kapal selam. Pembuatan pempek lenjeran berhasil diselesaikan dengan sukses tanpa gangguan, tapi untuk pempek kapal selam hanya cantik sempurna di percobaan pertama dan kedua. Lho..kok terakhir-terakhirnya malah ga sempurna? Hehehe...meskipun semangat berkarya masih membara, tapi mata udah kriyip-kriyip ternyata, jadi gerakan tangan juga nggak bisa terkordinasi sempurna:p. Meskipun begitu, sudah puas dengan hasilnya. Berhubung sudah hampir dini hari, makan pempeknya ditunda dulu sampai besok pagi deh. Fuih...akhirnya bisa tidur dengan senang karena seminggu kedepan menu pempek bisa di nikmati sesuka hati (melirik stok pempek di kulkas). Sedaaaapp..:)

No comments:

Post a Comment