11 February 2012

Gudeg Jogja


Duhh..nasibnya jadi jawa perantauan apalagi di kota kecil begini, kepingin makan makanan kampung halaman belum tentu ada yang jual. Kalau di Barabai kebanyakan orang Jawa Timur seperti Lamongan yang dagang makanan, dan yang dijual ya ga jauh-jauh dari penyetan, rawon, soto lamongan, sate, dan seafood. Kalau ada yang deket-deket Jogja biasanya orang Wonogiri, dan yang dijual ya pastilah Mie Ayam Wonogiri..hehehehe. Sebenarnya dalam hati Saya bertanya-tanya, kemana ya orang Jogjanya..?Kok nggak ada yang nafsu pengen jualan disini (pertanyaan ini seharusnya juga ditujukan kepada saya & suami sendiri:p). Kembali ke makanan Jogja, hari ini Saya pengen makan gudeg Jogja. Gudeg adalah olahan nangka muda (bahasa jawanya "Gori") yang dimasak dengan daun santan kental dan bumbu-bumbu tertentu dengan pewarna dari daun jati. Gudeg rasanya hampir sama dengan sayur nangka muda, hanya beda di warnanya yang kehitaman (karena pewarnaan dari daun jati) dan rasanya yang cenderung manis (orang Jogja kalau masak biasanya manis-manis cita rasanya, semanis orangnya..hihihihi).
Resep yang Saya gunakan diambil dari Youtubenya "IndonesianFood" dan Saya tulis ulang disini ya^^


Gudeg Jogja

(by IndonesianFood's Channel-Youtube
)

Bahan:
2 kaleng nangka (Saya pakai 1/2 kg nangka muda, rebus sebentar dengan garam hingga lunak, buang airnya, ganti dengan yang baru)
4 butir telur rebus
2 sachet teh hitam
5 cangkir air

Bumbu Halus:
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
8 butir kemiri
1 sdm ketumbar bubuk
1 ruas jari lengkuas
air

Bumbu tambahan:
4 lembar daun salam
1 sdm garam
2 sdm gula merah (saya ganti dengan 5-6 sdm kecap manis)
165ml santan kental

Cara membuat:
  1. Nangka muda yang telah direbus dan dganti airnya dimasak dalam panci bersama air sampai mendidih. Masukkan telur dan 2 sachet teh hitam sampai telur & nangka muda berwarna coklat tua. Ambil teh tapi jangan dibuang.
  2. haluskan bumbu halus dengan blender, Masukkan ke dalam panci, aduk hingga rata, masukkan teh kembali ke dalam panci.
  3. Masukkan bumbu tambahan, salam, garam dan gula merah/kecap, aduk hingga rata biarkan mendidih kembali
  4. masukkan santan kental, aduk, tutup panci, masak selama kurang lebih 1 jam dengan api kecil hingga air/kuah habis. Siap untuk disajikan.
Dan setelah mencicipi hasilnya, kangen saya sama jogja terobati sudah.. Rasa gudegnya nggak beda jauh dengan yang ada di daerah asalnya.. Next time bikin gudeg ayam biar makin nampol rasanya:)


4 comments:

  1. jadi pengen nyoba buat sendiri,
    doakan berhasil ya

    ReplyDelete
  2. silakan dicoba mbak:) kalau untuk saya dan suami resep ini cukup enak di lidah:)

    ReplyDelete
  3. hemmm..
    enak banget nih,
    jadi pengen makan siang pake gudeg

    ReplyDelete