18 January 2014

Susu Sari Kacang Hijau

 
Susah sekali rasanya membuat anak saya Akmal untuk minum olahan kacang hijau. Padahal sudah pasti ada banyak manfaat yang bisa didapat dari butiran mungil berwarna hijau ini.  Memang, sejak hamil dan saat Akmal batita Saya kurang telaten mengolah kacang hijau sehingga jarang mengkonsumsi kacang hijau buatan sendiri. Kalau mengkonsumsi dari sari kacang hijau yang sudah jadi memang lumayan sering, tapi tetap khawatir dengan kandungan gula yang sepertinya cukup banyak didalamnya. Nah, kali ini saya coba sekali lagi menyodori Akmal dengan kacang hijau yang saya olah menjadi susu. Untuk menghindari penolakan yang serta merta, Saya terpaksa menghilangkan kulit kacang hijaunya terlebih dahulu untuk mengurangi bau langu khas kacang-kacangan. Tetapi jika ingin memperoleh manfaat maksimal dari si kacang hijau ini, sebaiknya kulit luarnya ikut diolah juga ya..:) Sebagai pengenalan, Saya menambahkan susu kental manis untuk memperbaiki rasa dan penampilan, tetapi bisa dihilangkan pemakaiannya.

  
Susu Sari Kacang Hijau
oleh aidha bundaakmal

Bahan:
250 gram kacang hijau, rendam air selama 12 jam, cuci bersih beberapa kali sambil dihilangkan kulit arinya
air matang 6 kali dari hasil perasan kacang hijau, bisa disesuaikan tergantung kekentalan yang diinginkan
2 sendok sayur susu kental manis
3 sendok sayur gula pasir
3 batang kayu manis kecil
3 helai daun pandan
3 ruas jahe yang sudah dikupas, dibakar sebentar dan di geprak (bila suka, saya tidak pakai)

Cara Membuat:
1. Blender kacang hijau hingga halus, saring dengan kain berpori halus, peras hingga keluar semua sarinya
2. Satukan dalam panci sari kacang hijau, air matang/air mineral kemasan (takaran disesuaikan), daun pandan, kayu manis dan jahe, rebus sampai mendidih dengan api kecil sambil diaduk-aduk terus agar larutan sari kacang hijau tidak pecah
3. Masukkan skm dan gula pasir, aduk hingga larut, didihkan sekali lagi.
4. Matikan api, susu siap disajikan. 


*Saya menggunakan air mineral sebanyak 6 kali dari hasil perasan kacang hijau, sehingga larutannya masih agak bening sebelum diberi skm. Jika air mineral yang digunakan sedikit seharusnya warna lebih putih/keruh alami dan tidak perlu diberi tambahan skm

*Dengan air sebanyak diatas, saya membutuhkan gula pasir dan skm seperti pada resep untuk menghasilkan susu sari kacang hijau dengan kemanisan yang pas bagi lidah saya, tidak terlalu manis tetapi juga tidak tawar.

*Setelah susu dingin, segera simpan dalam lemari es. Suami saya suka sekali susu sari kacang hijau ini diminum dalam keadaan dingin:)

No comments:

Post a Comment