08 January 2014

Martabak Manis Mini Keju


Ini bekal Akmal sekolah hari ini, hasil nyobain resep martabak mini yang dishare mbak Veronica Dhani. Resep martabak kali ini tidak memakai ragi instan, tetapi memakai soda kue seperti penjual martabak pada umumnya (katanya...:p). Saya timbang dan buat adonannya malam hari dan baru dimasak diatas wajan kue lumpur keesokan harinya. Langsung deh ya saya tulis lagi resepnya, tentu saja, dengan sedikit penyesuaian bahan yang tersedia saja di rumah. Foto-fotonya seperti biasa menyusul ya...:)


MARTABAK MANIS MINI

Bahan :
180 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung custard
300 ml susu cair (saya jadikan 330ml)
40 gr gula pasir
1 butir telur + 2 kuning telur (saya pakai 2 butir telur bebek)
sedikit garam
1/2 sdt milk pasta ( saya tidak pakai, saya ganti dengan bubuk vanila)
1/2 sdt baking soda + 1 sdm air putih, satukan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke adonan


Cara membuat :
1. Campur jadi satu tepung terigu, tepung custard, susu cair, gula pasir, telur dan garam, aduk rata sampai tidak ada lagi gerindilan tepung, saring bila perlu, diamkan sampai 1 jam, baru dicampur soda dan siap dimasak. Jika disiapkan malam harinya, simpan adonan yang belum diberi baking soda dalam lemari pendingin,
2. Jika disimpan di lemari pendingin, biarkan terlebih dahulu di suhu ruang 1/2 sampai 1 jam, baru dicampur  baking soda+air, aduk cepat dan rata, tuang ke wajan yang sudah panas,
3. Wajan yang akan digunakan harus dipanaskan terlebih dahulu, caranya panaskan dengan api sedang 2-3 menit, kemudian kecikan samai api terkecil selama 10 menit, baru tuang adonan,
4. Tanda wajan siap adalah saat dituangi adona ada bunyi "cess", biarkan tanpa penutup sampai permukaannya berpori-pori, taburi dengan gula pasir kemudian tutup cetakan sampai permukaannya kering matang/tidak basah,
5. Angkat martabak yang sudah matang, panas-panas poles dengan margarin dan beri isian sesuai selera

No comments:

Post a Comment