16 January 2014

Kue Jajan Pasar Nagasari



Ceritanya saya lagi kangen kampung halaman di Jogja. Kangen jajan pasar yang jadi favorit sejak kecil. Nagasari langsung terbayang-bayang di benak saya saat puasa Kamis kemarin, ide untuk penganan buka puasa, apalagi melirik pisang yang sudah "mrotoli" karena kematengan di meja makan. Niat hati yang tadinya mau dibikin banana bread langsung balik arah eksekusi Nagasari. Resepnya hasil ngintip JTT karena testimonial yang sepertinya enak dan meyakinkan. Saya pakai metode yang diberikan salah satu pembaca JTT, santan didihkan terlebih dahulu bersama garam, daun pandan dan gula, baru dituang panas-panas ke tepung terigu dan tepung sagu, langsung aduk cepat sampai halus. O ya, karena "niat" menghabiskan pisang  yang masih lumayan banyak maka potongan-potongan pisangnya saya aduk acak pada adonan santan dan tepung yang sudah halus, seperti Nagasari ala Banjar. Hasilnya, kue Nagasari yang sukses besar mengobati kangen saya karena baik tekstur maupun rasanya mirip dan pas sekali seperti Nagasari yang biasa saya temui dulu di Jogja:) Resep yang saya tulis dibawah ini menggunakan metode yang sudah saya modifikasi step-stepnya ya karena alasan kepraktisan, jika ingin resep aslinya silakan langsung intip ke webnya JTT ya..^^


Nagasari
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati, oleh Chendawati - Kue Pisang, share oleh Endang-JTT, modifikasi step oleh aidha bundaakmal^^

Bahan:
265ml santan kental instan, ditambah air sampai dengan 800ml
3 lembar daun pandan, simpulkan
1 sdt garam
130gram gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
200gram tepung beras
100gram tepung tapioka (saya pakai tepung sagu)
10 pisang matang ukuran kecil / 5 pisang besar (saya pakai 10 pisang yang biasa disajikan untuk pencuci mulut, yang ukurannya sejempol-jempol itu lho, nggak tahu namanya..), potong-potong
1-2 lembar daun pisang utuh, potong2 sesuai selera, layukan dengan api kecil sebentar saja

Cara membuat:
1. Siapkan tepung berasa, tepung sagu dan vanili bubuk dalam baskom, sisihkan
2. Campur santan, garam dan daun pandan, didihkan sambil terus diaduk, tambahkan gula, aduk hingga hingga gula larut, matikan api
2. Panas-panas, tuang santan ke baskom berisi tepung, aduk dengan spatula sampai halus (pada awalnya adonan akan bergerindil tapi semakin diaduk nanti akan rata dan lebih halus)
3. Masukkan potongan pisang, aduk rata, siap dibungkus dengan daun
4. Kukus bungkusan adonan Nagasari dalam kukusan yang sudah dipanaskan kurang lebih 30 menit hingga matang

Disajikan hangat-hangat dengan segelas teh melati yang "legi kentel" serasa berbuka puasa di teras rumah orang tua di Jogja..:)

No comments:

Post a Comment