01 January 2014

Pastel Bihun Ayam 2

Sekali lagi, Saya niatkan uprek membuat pastel goreng di dapur kecil kontrakan kami di Palangkaraya karena masih penasaran dengan wiru-mewiru kulitnya. Isiannya menggunakan bahan-bahan yang bisa saya temukan di lemari pendingin, seperti dada ayam, stok bihun yang sudah diseduh, buncis, daun seledri dan telur ayam. Tadinya saya sengaja menunda membuat isian demi menunggu wortel dari bibi sayur yang biasa lewat tapi ternyata kehabisan jadi kurang berwarna deh isian pastelnya. But it's ok, rasanya tetap enak kok:)
Jika sebelumnya saya membuat resep pastel dari blog mbak R, kali ini saya mau cobain resep kulit pastel dari mas Budi Sutomo. Adonannya gampang banget digiling dan di wiru, seneng deh ngerjainnya:) Memang untuk kerenyahan kulitnya Saya masih lebih klop dengan resep kulit pastel sebelumnya, tentu saja, yang ini kan ada pemakaian telur didalamnya. Tapi keduanya sama-sama enak kok, jangan ragu untuk mencoba ya..:)


Pastel Bihun Ayam

Bahan Isian:
1/2 dada ayam tanpa kulit dari 1 ekor ayam, potong dadu kecil-kecil
Segenggam bihun yang sudah diseduh
10 batang buncis muda, iris tipis
2 butir telur, buat orak arik

Bumbu:
4 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 sdm kecap inggris
1/2 sdm bubuk kaldu sapi
1 sdt merica bubuk

Cara membuat Isi:
1. Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan hingga harum
2. Masukkan ayam cincang, tuang kecap inggris, tumis hingga berubah warna
3. Masukkan buncis, tumis hingga buncis matang
4. Masukkan bihun dan telur orak arik, taburi merica bubuk dan kaldu bubuk, masak hingga semua tercampur rata dan matang
5. Angkat dan biarkan dingin, siap untuk dijadikan isian pastel

Bahan Kulit Pastel (resep dari mas Budi Sutomo)
250 gr tepung terigu protein sedang
1 butir telur ayam, kocok lepas
40 gr margarin
60 ml air, tuang sedikit demi sedikit menyesuaikan kekalisan adonan
½ sdt garam

Cara membuat kulit:
1. Campur jadi satu terigu, telur ayam, garam dan margarin, aduk rata
2. Masukkan air sedikit demi sedikit, uleni sebentar hingga adonan mudah digiling
3. Giling dengan gilingan pasta (kalau pada alat saya di nomer 3), cetak bentuk bulat, siap untuk diisi.


No comments:

Post a Comment