15 November 2013

Donat Pisang (Tanpa Gluten)


Yeaayy....lagi-lagi nambah perbendaharaan cemilan tanpa gluten yang sudah dikenal lidah anak saya. Ini lho, donat yang dibikin tanpa harus pegel menguleni adonan dan tanpa terigu. Resep aslinya dapat dari presenter olah raga sekaligus ownernya Hollycow! mb Lucy Wiryono. Saya mencoba mengganti tepung non gluten instannya dengan maizena. Teksturnya nggak beda-beda amat dengan donat pada umumnya meskipun terasa lebih ringan dan yang pasti lebih sehat dong..:) O iya, karena adonan ini difermentasi perlahan di dalam lemari es, pengalaman saya sebaiknya membuat adonannya pagi hari untuk di goreng pagi/ siang keesokan harinya ya.


Donat Pisang (Tanpa Gluten)

Bahan:
100gr pisang matang yang dihaluskan
1 sdm mentega tawar
1 butir telur ayam
150 gram maizena yang dicampur 1 sdt BP dan 1/2 sdt garam halus
Minyak untuk goreng

Cara membuat: 
1. Campur rata pisang yang sudah dihaluskan dengan mentega tawar
2. Masukan tepung dan telur ayam,  aduk rata. Kalau masih terlihat encer tambah lagi tepungnya hingga terlihat agak padat, tidak encer
3. Simpan adonan dalam wadah kedap udara, masukkan ke dalam lemari es, (di rak biasa, bukan di chiller apalagi di freezer ya!)  biarkan hingga adonan beristirahat selama 1 malam dan bisa dibentuk dengan tangan.
4. Panaskan minyak hingga panas, ambil adonan dan bentuk cincin, langsung goreng hingga kecoklatan. Angkat.
5. Sajikan dengan cara ditaburi gula halus atau seperti mbak Lucy, digulingkan ke dalam campuran gula pasir dan cinnamon bubuk.

1 comment: