09 June 2012

Donat Labu Kuning

Donat, si bundar bolong di tengah sudah dikenal dan disukai anak-anak. Selain rasanya yang enak tampilannya pun menarik. Ketika masih kanak-kanak (ehm..sampai sekarang setelah punya "buntut" satu :p) saya paling suka jajan donat dalam bentuk sate.  Meskipun rasanya sama dengan donat yang biasa, untuk anak-anak, menikmati donat dengan tusukan sekali lahap terasa lebih menyenangkan:) Tak hanya ketika anak-anak, bahkan Saya dan beberapa sahabat kuliah dulu juga suka sekali nongkrong di kantin kampus hanya untuk menikmati donat kentang. Kalau donat jenis ini "lebih berat" karena tambahan kentang tumbuk di dalamnya, sehingga cukup sebuah donat saja perut kami sudah kenyang:) Tak hanya kentang, labu kuning pun bisa juga dijadikan bahan tambahan donat yang legit ini. Nah, kebetulan di NCC ada resepnya, yuk dipraktekin, dijamin bakal kenyang donat deh..hihihi Happy Doughnat...:)



Donat Labu Kuning
(from http://ncc-indonesia.com)


Bahan A:
600 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
100 gr gula pasir
Bahan B:
4 btr kuning telur
100 ml air dingin
300 gr Labu kuning, kukus, haluskan, dinginkan
Bahan C:
75 gr mentega
½ sdt garam
Cara membuatnya:
  1. Campur semua Bahan A, aduk rata. Masukkan Bahan B, uleni hingga bergumpal-gumpal.
  2. Beri Bahan C, uleni terus hingga kalis elastis. Bulatkan dan diamkan selama 15 menit.
    Bagi adonan, masing-masing 40gr, bulatkan hingga licin. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  3. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
    Angkat, tiriskan.
  4. Taburi gula donat, atau hias sesuai selera

2 comments:

  1. Jeng aidha ini jadinya brp banyak?pengalaman buat donut pake trigu 500 gr, kok jadinya banyaaaaak bgt ya (pas itu donat kentang), pdhl ssi resep, dan di resep katanya jd dikit...xixixxi

    ReplyDelete
  2. iya ini jadinya banyak bener deh...waktu itu aja bikin sampe semua anak tetangga kebagian. pake resep roti kentang aja jeng link resepnya langsung ke http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2013/10/pumpkin-donuts-donat-labu-kuning.html...pasti suka..:D jadinya kurang lebih 20 buah kalau nggak salah (@50gr)

    ReplyDelete