26 July 2013

Brownies Kukus Ketan Hitam

 

Saya sudah kadung cinta dengan ketan hitam, makanya olahan ketan hitam apapun pasti saya nikmati sambil merem melek, hehehehe.... Setelah bolu kukus ketan hitam dan chiffon cake ketan hitam, selanjutnya saya eksekusi juga resep modifikasi bolu kukus ketan hitamnya Bunda Ricke yang berubah nama jadi Brownies Kukus Ketan Hitam. Lho..kok jadi brownies?iya, karena penggunaan coklat blok yang membuat kue kukus  legit ini makin nampol di lidah dan makan sepotong nggak akan cukup buat saya, yang sudah-sudah bisa 2 hari sajamenghabiskan kue ini sendirian..hahahaha (lupa diet.^^)
Yang penasaran juga mau ikutan nyobain bikin sendiri, ini resep saya tulis kembali dari blognya bunda Ricke ya, atau sila meluncur langsung ke laman beliau disini.

Brownies Kukus Ketan Hitam
ala bunda Ricke

Bahan:
6 butir telur
200 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/2 sdt garam
1 sdt vanilla bubuk
2 sdm skm
250 gram tepung ketan hitam
20 gram coklat bubuk
100 gram dcc
200 ml minyak goreng
1-2 sdt pasta cokelat
coklat beras secukupnya untuk filling di tengah kue
*kalau saya filling bisa diambil dari 100gr adonan yang diberi 2 sdm skm cokelat

Cara Membuat:
1. Panaskan kukusan terlebih dahulu, sambil menunggu hingga air mendidih dan uapnya cukup banyak (jangan lupa memakaikan lap di tutup panci kukusan, tidak berlaku bagi pengguna klakat). Siapkan loyang berukuran 20x20x7cm yang berpoles lemak (margarin/mentega/minyak) dan diberi kertas roti
2. Ayak tepung ketan hitam dan coklat bubuk, sisihkan
3. Cairkan dcc bersama minyak, sisihkan
4. Kocok telur, gula, emulsifier dan garam hingga mengembang kental dan berjejak, baru tambahkan vanilla (kalau saya langsung saja sekalian dengan vanillanya saya masukkan bersama telur yang akan di kocok)
5. Masukkan skm, aduk balik hingga rata
6. Masukkan dcc dan minyak yang sudah dilelehkan dan dingin, aduk balik kembali hingga rata
7. Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, kukus 10 menit, masukkan filling(coklat beras), kukus 5 menit, tambahkan 1/2 adonan sisanya, kukus 20 menit/hingga matang

No comments:

Post a Comment