13 January 2012

Banana Chocolate Cake (Kue Pisang Coklat)

Dua hari ini cemilan sorenya akmal dan ayahnya berjudul pisang dan pisang..hihihi.. Soalnya 2 hari ini juga tukang sayurnya bawain pisang talas (sejenis pisang raja atau ambon) yang matengnya bagus, bikin nggak tahan ikutan nyamber juga, hehe.. Kemaren udah bikin pisang goreng, untuk sore ini bikin banana cake deh tapi lagi pengen yang lebih nyoklat dan bertekstur lembyuuut basah makanya resep yang udah enak di modif dikit disana sini:)

Resepnya modifikasi pake cake tapenya NCC ya, resep aslinya disini. Untuk bagian tape diganti dengan pisang, terigu dikurang-tambah coklat bubuk. Gula kastor juga dikurangi diganti dengn gula palem. O ya, biar teksturnya lebih moist, margarin juga dikurangi 1/2 bagian, diganti minyak goreng (hehehe..padahal emang stok margarin lagi abis;p) Ini resep modifikasi versi saya:


Banana Chocolate Cake
(modifikasi dari resep tape cake-nya NCC)

Bahan:
8 btr kuning telur
6 btr putih telur
150 gr gula pasir
100 gr gula palem
150 gr tepung terigu
100 gr coklat bubuk
100 gr mentega/margarine
100 ml minyak goreng
400 gr pisang talas/pisang ambon/pisang raja
3 sdm susu kental manis
25 gr almond slice

Cara membuat:

  • Haluskan pisang (kalau saya diparut pake parutan keju), beri susu kental manis, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok gula pasir dan mentega hingga pucat, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata. Masukkan pisang halus, aduk rata, masukkan ayakan tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga kaku, tuang kedalam adonan mentega secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  • Siapkan 2 buah loyang brownies 30x10cm, oles margarin dan taburi terigu, tuangi adonan hingga ¾ penuh, taburi almond slice. Panggang dalam oven hingga matang. Suhu 180’C selama lk. 30 menit.

Begitu dicicipin, langsung merem melek..asli, enaaak banget dan pas di lidah saya yang lagi ngidam brownies..soalnya teksturnya memang mirip brownies juga tapi rasa pisang. Suami dan akmal juga suka kue ini,sepertinya bakal jadi langganan dibikin deh:)

No comments:

Post a Comment