11 March 2013

Kue Kacang Klasik



Dari kecil saya doyan banget sama kue yang satu ini (selain nastar, sagu keju, putri salju, kastengel, chocochip cookies, .....hahaha ternyata saya doyan semuanya toh ). Tapi kalau kue yang ini memang spesial di hati dan lidah saya. Dulu duit jajan cuma seribu dua ribu,separuhnya bisa saya pakai untuk nyomotin kue kacang seharga seratus perak sebuah dari toples di warung :D Makanya, sejak udah lumayan bisa bikin kue sendiri, kalaulagi inget, suka googling nyari resep yang kira-kira bakalan sama persis dengan yang diwarung itu. Beberapa resep yang saya temukan udah pakai beberapa modifikasi, dan sepertinya nggak persis sama rasanya dengan yang saya mau (sepertinya...ini sok tau aja, wong belum dicobain, hehehe), dan akhirnya kemarin dengan tanpa sengaja "nyangkut" di pawonike yang share resep kue kacang dari mbak Wida Tania (resep punya alm.ibundanya-Al Fatihah untuk beliau) lewat NCCCookiesWeek. Langsung deh geratakan di dapur, dan begitu kue ini masuk ke mulut, nostalgia masa kecil membuat saya tidak berhenti mencomot kue kacang yang renyah "memprul" dan gurih-manis ini sambil berbunga-bunga saking senangnya..:) Ini dia resepnya.



Kue Kacang Klasik
Wida Tania

Bahan:
250gr kacang tanah, sangrai, haluskan (kulitnya saya nggak buang, ikut dihaluskan)
400gr terigu segitiga
200gr minyak goreng
200grgula halus (saya pakai gulapasir yang di blender)
1sdt garam
2 kuning telur untuk polesan kue sebelum di panggang (saya cuma pakai 1 kuning telur )

Cara Membuat:
1. Campur jadi satu semua bahan, kecuali minyak goreng, dengan sendok kayu, aduk hingga tercampur rata
2. Masukkan minyak goreng, aduk rata
3. Tutup wadah adonan dengan plastik dengan rapat, masukkan ke dalam lemari es minimal 30 menit (waktu itu saya ketiduran, jadi adonan di kulkas 3 jam)
4. Cetak sesuai selera, tata dalam loyang berpoles margarin tipis, panggang dalam oven bersuhu 175'C kurleb 25 menit.



No comments:

Post a Comment